Unknown
Espresso Kopi Mentari Pagi

Sering banget kita denger istilah-istilah di dunia perkopian seperti espresso, cappucino, moccacino, latté ataupun frappé. Nah, sebenernya apa sih bedanya diantara mereka..?!! Makanya yuk kita bahas...


1. Espresso
Proses pembuatan espresso yaitu, biji kopi yang berkualitas (1) disangrai atau di-roasting (2) sampai berwarna coklat kehitaman (3), kemudian giling (4) sampai benar-benar halus (5)... trus dimasak dengan memanfaatkan tekanan sebesar 10 atmosfer dari uap panas yang suhunya mencapai 91° C  (6). Ciri jika espresso yang dibuat sudah benar pasti ada lapisan buih berwarna coklat keemasan yang sering disebut dengan crema (7).


Proses Espresso
biji kopi
1

sangrai kopi
2

roasted kopi
3

emak menumbuk kopi
4

5

6

espresso
7

Katanya sih nama espresso itu berasal dari cara bikinnya yang pakai tekanan uap (pressure) dan express atau secepat kilat. Espresso biasanya diminum dalam cangkir berukuran kecil seperti gambar di atas. Sebenernya metode pembuatan espresso sama aja seperti kopi tubruk. Bedanya, espresso tidak ada ampas karena sudah disaring oleh mesin.

Berikutnya cara praktis bikin espresso, silahkan dicatat:

1. Siapkan Kopi Mentari Pagi
Kopi Mentari Pagi berasal dari biji kopi berkualitas tinggi dan tingkat kehalusan bubuk kopinya sesuai dengan standar espresso.

2. Masukkan bubuk kopi ke dalam mesin espresso
3. Nikmati segelas espresso Kopi Mentari Pagi yang mantap

1 Response
  1. Anonim Says:

    Velizta Food & Beverages,,,menyediakan bahan baku minuman utk cafe & resto, seperti Monin syrup, Davinci syrup, Caffe d'amore, Toffin powder, ice cappucino powder, vanilla smoothie powder, avocado powder, Davinci sauce & banyak lagi, kunjungi workshop kami di WTC Serpong Lt.3 TA 9 No.10-11 Tangerang ( 021-94533518, 081311244508, 083896362008 )


Posting Komentar